HOME   CATAGORI  

Friday, April 18, 2008

Galaksi Baru Ditemukan

Teleskop angkasa “Spitzer” NASA telah menemukan sebuah galaksi muda yang memiliki 4 bintang tetap, tata surya ini terdapat di rasi Hydra. Galaksi baru yang mempunyai 4 bintang tetap ini bernomor seri HD98800, jarak galaksi ini ke bumi berjarak kurang lebih 150 tahun cahaya. Dibandingkan tata surya kita Bima sakti, galaksi ini relatif lebih muda, dan sudah eksis sekitar 10 juta tahun. Pengamatan terbaru ini membenarkan hasil yang didapat oleh astronom sebelumnya dari permukaan bumi.

Ke-4 bintang tetap ini dibagi 2 pasang. Setiap pasang masing-masing beredar dengan cara saling berputar mengitari, dan antar kedua bintang tetap juga saling berputar mengelilingi, bagaikan tarian bundar yang ditata dengan apik. Di sekitar sepasang bintang tetap di antaranya, berputar mengelilingi piring debu, sedang sepasang lainnya tampak kosong melompong.

Astronom umumnya berpendapat, bahwa materi pada piring debu di sekitar bintang tetap akan membentuk planet melalui benturan, karena itu, piring debu juga disebut “persemaian” planet. Instrumen pengamat infrared-nya teleskop “Spitzer” mendapati, bahwa piring debu lainnya yang rata dan berkesinambungan yang berhasil diamati di masa lalu tidak sama, piring debu ini nyata sekali mengandung celah. Fenomena menarik multi bintang tetap ini akan terus diselidiki oleh para ilmuwan NASA untuk bisa mengetahui apakah ada kemungkinan galaksi lain yang mempunyai bintang tetap sebanyak HD98800.

Sumber: Simpatizone

No comments:

Custom Search