HOME   CATAGORI  

Tuesday, April 01, 2008

Ditemukan Burung Baru Di Indonesia

Keanekaragaman mahluk hidup di Indonesia yang melimpah ruah patut kamu banggakan. Baru-baru ini, Dr. Pamela Rasmussen, seorang ahli perburungan dari Universitas Michigan mengesahkan bahwa ada spesies burung baru di Indonesia yang telah ditulisnya di Wilson Journal of Ornithology.

Burung kecil berwarna hijau ini ditemukan di salah satu kepulauan Indonesia. Awalnya spesies baru ini diteliti sejak 1997 oleh Mochamad Indrawan dari Universitas Indonesia. Burung yang diberi nama Togian dengan mata berwarna putih, memiliki nama latin Zosterops Somadikartai.

“Kita menelitinya sejak 1997 hingga 2003. Hasil penelitian kami kemudian diteliti ulang oleh Dr Pamela dan ternyata memang benar ini adalah burung spesies baru,” ujar Indrawan.

Burung Togian ditemukan di sekitar kepulauan Togian yang berada di Sulawesi Tengah. Dr Pamela menambahkan badan konservasi binatang (International Union for Conservation of Nature) telah menyatakan Togian terancam punah, sehingga harus segera dilestarikan.

Jadi bagi kamu-kamu penyayang binatang dan suka melakukan observasi, masih ada peluang untuk mengeskplorasi segala keragamannya di Indonesia. Sebab Indrawan menjelaskan dia meneliti dan menemukan Togian di salah satu pulau terpencil dan belum pernah didatangi manusia. “Masih besar kesempatan kita menemukan spesies baru di Tanah Air. Ingat kita memiliki puluhan ribu pulau,” pesannya.

Bagaimana guys tertarik

Sumber : Genasik

No comments:

Custom Search