HOME   CATAGORI  

Friday, April 18, 2008

Hindari Obesitas

Makan terlalu banyak, kurang olahraga adalah penyebab utama terjadinya Obesitas. Obesitas sendiri mulai tumbuh subur sejak 1980, dibandingkan ketika itu, olahraga yang sangat kurang dilakukan.

Penyebab kegemukan ada banyak faktornya. Salah satunya kurang terjaganya asupan kalori dan pemakaian pemanis buatan yang terlalu berlebihan. Walaupun survei telah menunjukkan adanya peningkatan terhadap penggunaan makanan bebas gula selama bertahun-tahun, takaran (porsi) makanan juga telah bertambah, aktivitas fisik telah menurun dan asupan kalori secara keseluruhan telah meningkat. Studi dengan jelas menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang diberi pemanis sakarin nonkalori dapat mendorong meningkatnya berat badan dibanding mengkonsumsi makanan yang sama dengan kalori tinggi gula

Para peneliti pada saat ini juga mengatakan makanan manis dapat mendorong tubuh menyerap banyak kalori, tetapi bila pemanis buatan tidak disertai dengan sejumlah kalori yang cukup, tubuh akan menjadi bingung, yang mana bisa mendorong naiknya nafsu makan dan energi yang terbuang lebih sedikit. Jadi solusi yang paling tepat untuk mengatasai obesitas adalah dengan berolahraga secara teratur, dibanding dengan orang-orang pada jaman dulu, kita pada saat ini sangat jarang berolahraga bahkan kegiatan semudah jalan kaki pun jarang kita lakukan, yang menggantikannya adalah sejumlah besar kendaraan bermotor.

No comments:

Custom Search