HOME   CATAGORI  

Tuesday, April 01, 2008

Gawat, Air Mineral Tercemar Obat-Obatan

Bagi kamu-kamu yang gemar meminum air mineral dalam kemasan ada baiknya untuk berhati-hati. Masalah terkontaminasinya minuman mineral ini ditemukan di Amerika Serikat oleh hasil investigasi yang dilakukan oleh para jurnalis Jeff Donn, Martha Mendoza dan Justin Pritchard dari Associated Press (AP).

Dari penelitian, ditemukan bahwa dalam air mineral ditemukan kandungan obat acetaminophen dan ibuprofen. Artinya dalam jangka panjang air mineral ini dapat membahayakan kesehatan. Yang menghebohkan 24 kota besar yang tersebar di 50 negara bagian di Paman Sam terbukti terkontaminasi. AP membuktikan mulai dari California Selatan hingga New Jersey Utara dan Detroit ke Louisville sangat mudah menemukan air mineral kemasan yang terkontaminasi obat-obatan.

Yang mengejutkan tak ubahnya kasus susu formula yang ditengarai mengandung bakteri Enterobacter Sakazakii yang tidak diketahui di Indonesia, demikian pula yang terjadi pada warga Amerika. Hingga kini banyak publik yang belum mengetahuinya. Untuk itu bagi kamu yang kerap bepergian ke luar negeri terutama ke Amerika bersama orang tuamu, supaya lebih berhati-hati.

“Kami sangat perhatian dengan masalah ini karena sedemikian seriusnya,” kata Benjamin H. Grumbles, assistant administrator for water at the U.S. Environmental Protection Agency.

Unsur-unsur obat yang terdapat di dalam air minuman itu diantaranya obat anti sakit, infeksi, high cholesterol, asma, epilepsy, dan masalah jantung serta hati. Bahkan kandungan obat hormone sex juga ditemukan di San Francisco.

Jika di Amerika saja air mineral bisa terkontaminasi, bagaimana dengan Indonesia yang sempat heboh dengan kasus susu formula?

Semoga ada badan independent yang tertarik mengujinya

Sumber : Gen Asik

No comments:

Custom Search