HOME   CATAGORI  

Tuesday, April 01, 2008

Olahraga Sambil Bekerja

Bagi kamu yang berkerja atau beraktifitas didepan komputer, waktu bisa berjalan sangat cepat. Kadang kita tidak sempat meluangkan waktu untuk berdiri sejenak apalagi untuk berolahraga, hal ini dapat berbahaya dan membawa dampak buruk bagi tubuh. Karena itu, mengalihkan pandangan, olahraga ringan atau gerakan sederhana diperlukan untuk memperbaiki postur dan kesehatan.

Berikut ini ada kiat agar tubuh tetap bugar dengan melakukan Olahraga sambil bekerja dengan tujaun membuat badan kita terus segar tanpa menganggu jadwal kerja kita:

- Pertama pilih bangku yang sesuai dengan tekstur badan kita dan usahakan kita menggunakan bangku yang benar-benar didesain untuk kerja (biasanya satu set dengan meja kerjanya). Posisi dalam duduk usahakan punggung lurus dan kepala tertuju pada monitor. Usahakan terus mengetik dengan gerakan yang teratur hal ini dilakukan untuk mencegah agar otot tidak kaku.

- Ahli mata dari Akademi Optometri Amerika, BurtDubow,O.D.,F.A.A.O, menyarankan agar kita mengistirahatkan mata setiap 15-30 menit. Kalau tidak ingin mengalami pegal, nyeri, mata merah, berair, hingga iritasi sempatkanlah mengistirahatkan mata setiap 20 menit setelah berfokus ke layar komputer, alihkan pandangan selama 20 detik pada sesuatu yang berjarak 20 kaki (sekitar 7 meter) dari tempat duduk.

- Berdirilah setiap setengah jam. Berjalan-jalan beberapa menit, regangkan kaki dan istirahatkan mata dari layar komputer. Ini juga bisa mencegah pembekuan darah di kaki. Darah membeku sering kali terjadi pada usia paruh baya, yang merupakan pengguna komputer terbanyak.

- Jika menerima telepon, lakukan sambil berdiri sambil melakukan peregangan. Entah mengangkat kaki, atau gerakan apa pun selama rehat sejenak dari mengetik.

- Untuk meregangkan leher, lenturkan kepala ke depan dan belakang, samping kanan dan kiri, serta tengokkan kepala ke samping kanan dan kiri.

- Pastikan posisi duduk kamu harus tetap pada posisi ergonomis selama mengetik, pergelangan tangan sedikit lebih rendah dari siku. Hal ini akan mencegah terjadinya carpal tunnel syndrome. Kaki menekuk di bagian lutut sehingga posisi dengkul hanya sedikit lebih tinggi dari paha

Sumber : Simpati Zone

No comments:

Custom Search