HOME   CATAGORI  

Tuesday, April 01, 2008

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) yang sudah dikenal oleh siswa-siswa SMA se-Indonesia untuk memasuki perguruan tinggi, hari jum’at (28/3) resmi berubah nama menjadi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Mendiknas Bambang Sudibyo berharap, siswa-siswa yang akan mengikuti ujian perguruan tinggi tahun 2008 tidak harus pusing memikirkan dan bingung dalam memasuki PTN walaupun sistem penerimaan tidak bernama SPMB lagi.

Mengenai peraturan yang diberlakukan masih sama dengan SPMB sebelumnya, hanya saja birokrasi (nama dan panitia) dalam pola baru ini sedikit berbeda. Sedangkan metode pendaftaran masih bersifat nasiona, dimana para siswa boleh memilih PTN yang disukai dari tempat asalnya tanpa harus pergi ke PTN yang lain.

Mengenai kepanitiaan nasional, untuk tahun ini akan dibagi dua bagian yakni panitia pengarah dan panitia pelaksana. Panitia pengarah sendiri terdiri dari Dirjen Dikti, Dirjen Pendidikan Agama, Dirjen Perbendaharaan Negara, Deputi SDM Bappenas, dan staf ahli hukum Mendiknas. Sedangkan untuk panitia pelaksana, terdiri dari Sekretaris Dirjen Dikti sebagai Ketua Umum dengan dibantu oleh tiga ketua atau Rektor yang masing-masing mengepalai tiga panitia lokal, atau panitia regional yakni UI, ITB dan Unair

Sumber : SAMAN UI

No comments:

Custom Search