HOME   CATAGORI  

Tuesday, March 04, 2008

Puasa, Olahraga Jalan Terus

Puasa bukan berarti kegiatan rutin Anda terhenti. Justru saat puasa, olahraga harus jalan terus. Pahala jalan terus, tubuh pun makin bugar.

Tapi jangan langsung memaksakan diri berlatih keras. Lakukan secara minimun namun dengan hasil maksimum. Bagaimanapun dengan begitu metabolisme tubuh terus berjalan. Simak tips berikut:

1. Mengertilah bahwa puasa adalah waktu untuk memperbaiki tubuh bagian dalam Anda. Olahraga bisa mengalihkan perhatian tubuh dari dalam ke luar tubuh.

2. Sadari juga bahwa selama puasa tubuh Anda kekurangan banyak nutrisi dan kalori yang diperlukan untuk metabolisme tubuh. Oleh karena itu, olahraga yang tak tepat bisa mengganggu selama puasa.

3. Hindari mengerjakan hal-hal yang berat selama berpuasa. Jika Anda punya kegiatan normal, Anda bisa berhenti dulu untuk beberapa hari, kurangi kegiatan itu sebagian.

4. Lakukan olahraga yang ringan-ringan saja seperti jalan-jalan, berkebun atau melakukan pekerjaan rumah.

5. Anda bisa mencoba melakukan latihan yoga untuk membantu menyeimbangkan dan menstimulasi organ dalam tubuh.

6. Stretching dan bernafas. Jangan pernah menyepelekan kekuatan pemulih tenaga dari tarikan nafas yang dalam dan sungguh-sungguh.

7. Atur latihan teratur setelah selesai berpuasa. Olahraga adalah bumbu untuk membantu penyerapan nutrisi dan memicu endorpin yang bisa membuat Anda merasa lebih baik.

Ada baiknya sebelum memasuki bulan puasa Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih jika punya penyakit diabetes, jantung, radang usus besar juga epilepsi. Begitu juga dengan orang yang punya masalah dengan berat badan dan punya ketergantungan pada obat-obatan tertentu. Selamat sehat berpuasa.

No comments:

Custom Search