HOME   CATAGORI  

Friday, May 16, 2008

Vietnam Bangun Kilang Minyak Ke-2

Kapanlagi.com - Pembangunan kilang minyak ke dua Vietnam dengan investasi awal 6,2 miliar dolar AS dimulai Sabtu (10/5), demikian menurut surat kabar lokal Vietnam News.

Proyek tersebut dibangun oleh Nghi Son Petrochemical Refinery Complex di distrik Tinh Gia, bagian utara Provinsi Thanh Hoa dengan investasi 6,2 miliar dolar untuk tahap pertama.


Diperkirakan kilang tersebut mempunyai kapasitas 10 juta ton minyak mentah per tahun pada saat mulai memasuki operasional pada 2013. Kapasitas tersebut kemudian akan naik dua kali lipat pada tahap ke dua.


Proyek tersebut merupakan usaha patungan antara perusahaan milik pemerintah Vietnam National Oil and Gas Group (PetroVietnam), Kuwait Petroleum International (KPI) dan dua perusahaan Jepang Idemitsu Kosan Corp (IKC) dan Mitsui Chemicals Inc.(MCI).


Japan Bank for International Cooperation akan menyediakan pinjaman hingga 70 persen dari modal proyek tersebut.


KPI akan menjamin pasokan 100 persen minyak mentah untuk proyek tersebut dalam jangka panjang, kata direktur Umum PetroVietnam, Tran Ngoc Canh.


Dung Quat, kilang pertama Vietnam dengan kapasitas pengolahan tahunan mencapai 6,5 juta ton minyak mentah sedang dalam pembangunan di provinsi QuangNgai, dan dijadwalkan beroperasi pada Februari 2009.


Kilang minyak ketiga negara itu diperkirakan berlokasi di bagian selatan provinsi Ba Ria Vung tau.


Canh mengatakan bahwa PetroVietnam telah melakukan pekerjaan bagus dalam membangun dan mengoperasikan tiga proyek utama nasional untuk memasok 100 persen dari permintaan minyak dan gas negara itu hingga 2025 berdasarkan strategi pembangunannya, dalam upaya menjamin keamanan pasokan energi nasional.

No comments:

Custom Search