HOME   CATAGORI  

Thursday, May 01, 2008

Diagnosa Serangan Jantung dari Liur

Suatu hari nanti kita-kita enggak perlu repot-repot menjalani pemeriksaan general check-up untuk mengetahui potensi serangan jantung. Sebuah tes sederhana suatu hari menggusur tes ribet bin mahal tersebut. Menggunakan media air liur kamu-kamu bisa mendiagnosa apakah seseorang berpotensi terkena serangan jantung di ambulans, restauran atau tempat publik lainnya.

So, selain keakuratannya terjamin, kecepatan dan biayanya gak ngeberatin. “Bermacam-macam protein dalam air liur memiliki kemampuan cepat mengklasifikasi potensi serangan jantung,” papar Dr John T. McDevitt, ahli bio-kimia di University of Texas, Amerika Serikat, kepada Reuters.

McDevitt dan koleganya lagi ngembangin sensor nano-bio-chip program bio-kimia. Alat ini nantinya diharapkan bisa mendeteksi protein-protein di dalam liur guna mengetahui apakah seseorang sedang mengalami masalah jantung atau beresiko terkena serangane jantung dalam waktu dekat.

Caranya so simple guys! Cukup meludah ke dalam tabung dan liur ditransfer ke kartu penanda resiko jantung seukuran kartu kredit yang sudah di-install nano-bio-chip. Kartu tersebut lantas dimasukkan ke mesin penganalisa seperti mesin ATM untuk mengetahui tingkatan penyakit jantung si tester. Hasilnya, bisa ketahuan dalam 15 menit. Cepat nan simpel bukan?

Dari studi terhadap 56 pengidap masalah jantung dan 59 orang sehat yang regular kontrol, “Tes yang lakukan ami bisa membedakan antara pengidap sakit jantung dan pasien sehat yang sering kontrol dengan tingkat akurasi sepadan dengan pemeriksaan darah,” terang McDevitt.

Tapi tetap ada masalah terhadap pengidap jantung yang sulit terbaca (electrocardiogram) EKG-nya. EKG tuh gampangnya rekaman atau gambaran aktivitas elektrik jantung. Jadi ada beberapa contoh kasus yang sulit terbaca karena memiliki indikasi serangan jantung tak terdeteksi (silent heart attack). Utamanya menurut McDevitt terhadap para wanita. Pasien seperti ini tetap membutuhkan tes darah di laboratorium yang komplit.

Namun, mengingat banyaknya hal postif yang bisa diambil, McDevitt merencanakan akan lebih mempelajari diagnosis serangan jantung menggunakan liur ini. Studi akan dikembangkan lebih dalam dan lebih luas lagi.

Sumber genasik.com

No comments:

Custom Search