HOME   CATAGORI  

Wednesday, August 13, 2008

Vitamin C Oles Lebih Efektif Sembuhkan Psoriasis

JAKARTA - Selain diminum dalam bentuk tablet dan disuntikan, Vitamin C kini bisa didapatkan melalui olesan. Dengan cara ini, penyakit psoriaris pada kulit dapat lebih efektif dikurangi.
”Karena vitamin C mampu mengurangi tumbuhnya anti flamasi pada tubuh, yang menyebabkan bintik merah pada kulit atau psoriasis,” ungkap Dr Elandri Sulastomo, Spesialis kulit dan kelamin, pada acara peluncuran Ester C-Gold, di Jakarta (10/3).
Antiflamasi itu sendiri dijelaskan oleh Dr Elandri sebagai akibat dari kurangnya asupan vitamin C pada tubuh. Akibatnya kemudian menyebabkan peradangan, yang kemudian berefek timbulnya bintik merah pada kulit. Pada fase yang lebih parah, psoriasis dapat terlihat sebagai bentuk sisik pada kulit.
Penyakit psoriasis sendiri di Indonesia masih ditemukan berulang kali, seperti pada kasus bayi Andini dari Desa Buyat, di kawasan buangan limbah PT Newmont Minahasa Raya (NMR), berapa waktu lalu.
Hingga kini sebenarnya cara penyembuhan psoriasis sendiri masih dianggap mustahil. Situs www.psoriasis.or.id, yang sempat dikunjungi SH pada hari Senin (12/3) menyatakan satu-satunya cara yang bisa dilakukan sekarang merupakan upaya untuk mengurangi gejalanya.
Penggunaan vitamin C kemudian dianggap salah satu jalan keluar untuk masalah ini. Karena kemampuan mengurangi anti-inflamasi pada kulit yang disebutkan tadi. Namun sayangnya dalam riwayat pemakaian, vitamin C cenderung hanya dikenal berbentuk tablet. Padahal dalam wujud tersebut, terdapat beberapa masalah terutama bagi para penderita penyakit di lambung.
“Adanya vitamin C oles membuat khasiat vitamin C dapat lebih diserap, lebih stabil dan menghindari iritasi kulit,” analisa Dr Elandri. Ini berarti beberapa halangan, seperti lamanya proses yang dijalani vitamin C sebelum mencapai kulit, bisa dikurangi.
Psoriasis sendiri diawali dengan gejala bintik merah, makin lama bintik makin melebar, karena terus digaruk. Tekanan pada saat menggaruk mengakibatkan tumbuhnya kulit baru. Namun karena akibat tekanan yang berbeda tiap meggaruk, membuat kulit baru tumbuh berlapis-lapis seperti sisik.
Penyakit ini pada kulit kepala dapat menyerupai ketombe, sedangkan pada lempeng kuku seperti terdapat lubang-lubang kecil rapuh atau keruh. Pada beberapa jenis psoriasis, komplikasi yang diakibatkan dapat menjadi serius, seperti pada psoriasis artropi, yaitu psoriasis yang menyerang sendi, psoriasis bernanah (psoriasis postulosa) dan terakhir psoriasis yang menyebabkan seluruh kulit akan menjadi merah disertai badan menggigil (eritoderma). (sulung prasetyo)







Copyright © Sinar Harapan 2003

Sumber : Sinar Harapan

No comments:

Custom Search