HOME   CATAGORI  

Saturday, August 30, 2008

Marhaban Yaa Ramadhan

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkata:

”Bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersungguh-sungguh menghitung bulan Sya’ban melebihi kesungguhannya di selain Sya’ban. Kemudian beliau shaum setelah melihat hilal Ramadhan. (Shahih Sunan Abi Dawud hadits no. 2325, karya Asy-Syaikh Al Albani).

(Dua) Menentukan Masuknya Bulan Ramadhan Dengan Ru’yatul Hilal. Penentuan mulai masuknya bulan Ramadhan dilakukan dengan cara ru’yatul hilal, yakni melihat bulan terbit sebagai tanda dimulainya awal bulan hijriyah. Apabila terhalangi oleh mendung atau yang semisalnya, maka caranya ialah dengan melengkapkan bilangan hari dalam bulan Sya’ban menjadi 30 hari. Hal ini sesuai dengan hadits Abu Hurairah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Bershaumlah berdasarkan ru’yatul hilal dan berharirayalah berdasarkan ru’yatul hilal. Jika terhalangi oleh mendung (atau semisalnya) maka genapkanlah bilangannya menjadi 30 hari.” (HR. Al-Bukhari)
Adapun hadits lain yang diriwayatkan dari Abdullah bin Umar :

“…maka iika terhalangi, ‘perkirakanlah”.
makna dari kata “perkirakanlah” dalam hadits ini telah diterangkan Rasulshallallahu ‘alaihi wasallam sendiri pada hadits yang sebelumnya, yaitu;
atau yang artinya: “Maka lengkapilah bilangannya menjadi 30 hari” atau “lengkapi bilangan Sya’ban menjadi 30 hari”. (HR. Al-Bukhari)

Seiring dengan kita akan memasuki bulan Ramadhan, maka pertama tama kami sekeluarga memohon Ampunan kepada Alloh dan mohon maaf kepada seluruh kaum muslimin yang pernah kami sengaja melakukan kesalahan maupun tidak sengaja melakukan kesalahan.

bulan.gifAfwan Minkum ala Kullihal
Astahgfirulloh…
Marhaban yaa Ramadhan Mubarokah…
Semoga kami dan kaum Muslimin bisa memasuki bulan yang Engkau Barokahi dengan hati yang suci dan bersuka cita…
Berikanlah kami Ilmu dalam menapaki Ramadhan ini…
Dan jadikannlah hati kami sedih tatkala Ramadhan kelak akan meninggalkan kami….
Yaa Rabb… bukakanlah pintu Syurga dan tutupkanlah pintu Neraka bagi kami
Bismillah…wal Alhamdulillah…
Marhaban Yaa Ramadhan…

Ainul Hakim dan Keluarga
Ummu Annisa Dian, Syaif dan Farikh

No comments:

Custom Search