HOME   CATAGORI  

Thursday, July 31, 2008

Isinbayeva Pecahkan Rekor Dunia Lompat Galah

Kapanlagi.com - Atlet Rusia Yelena Isinbayeva memecahkan rekor dunia lompat galah putri atas namanya sendiri pada Selasa ketika ia berhasil melewati 5,04 meter pada usaha ketiganya di grand prix Monaco.

Isinbayeva, yang memperbaiki catatan sebelumnya, 5,03 meter, yang dicetaknya pada lomba di Golden League Roma 11 Juli lalu, mencatat rekor dunia outdoor ke-13 dan yang ke-23 secara keseluruhan pada malam yang tenang dan hangat di negara kerajaan tersebut.


Juara dunia dan Olimpiade itu hampir melompati 5,04 meter Jumat lalu di London, namun mistarnya jatuh.


Mantan pemegang rekor dunia Asafa Powell sebelumnya memenangi lomba 100m ketiganya secara beruntun dalam lomba besar terakhirnya sebelum Olimpiade Beijing yang dimulai pekan depan.


Juara Commonwealth asal Jamaika itu mencatat waktu 9,82 detik, catatan terbaiknya tahun ini. Hanya rekan senegaranya Usain Bolt, yang merebut rekor dunia dari Powell pada 31 Mei, dan juara dunia asal Amerika Tyson Gay yang berlari lebih cepat pada 2008.


Baik Powell maupun Gay tidak ambil bagian dalam lomba Selasa tempat atlet Amerika Darvis Patton finish di urutan kedua dengan waktu 9,98 sementara rekan senegara Powell dan rekan latihannya Nesta Carter merebut tempat ketiga dalam waktu 10,02.


"Saya masih punya pekerjaan dalam penyelesaian saya dan saya bisa lebih baik dari itu," kata Powell pada wartawan. "Saya tidak terlalu terkejut dengan catatan waktu saya. Tidak ada angin sama sekali dan dengan sedikit angin haluan, mungkin bisa lebih cepat. Saya merasa baik, segar."


"Saya yakin saya bisa," tambah Powell ketika ditanya apakah ia mengira ia bisa merebut kembali rekor dunia 9,72 detik yang dicetak Bolt di New York pada 31 Mei tahun ini.


Nomor 100 meter putri juga dimenangi oleh pelari Jamaika, Kerron Stewart, dalam waktu 10,94 detik. Ia sedikit mengungguli rekan senegaranya Sherone Simpson, yang tiba di urutan kedua dalam 10,95. Pelari Torri Edwards, penampil terbaik 2008 dengan 10,78, di tempat ketiga dalam waktu 11,02.


Pelari Inggris Martin Rooney diuntungkan absennya jagoan 400m asal AS Jeremy Wariner dan LaShawn Merritt untuk menang lebih dari satu putaran dalam waktu terbaik pribadinya 44,72 detik.


Daniel Kipchirchir Komen mencetak waktu terbaik tahun ini, tiga menit 31,49 detik pada nomor 1.500m putra, sedikit lebih unggul dari rekan senegaranya Shedrack Kibet Korir, yang berada di urutan kedua dalam waktu 3:31,94.


Atlet Jamaika Melaine Walker mengatasi tantangan dari pelari asal Amerika Tiffany Ross-Williams untuk mencatat waktu terbaik tahun ini 53,48 detik untuk nomor 400m lari gawang putri. Ross-Williams menyelesaikan lomba di urutan kedua dalam waktu 53,54 dan rekan senegaranya Sheena Tosta di tempat ketiga dalam waktu 53,58.


Atlet Portugal Naide Gomes juga mencetak waktu terbaik tahun ini dalam lompat jauh putri, dengan jarak lompatan 7,12 meter, delapan sentimeter lebih jauh dibanding catatan terbaik sebelumnya yang ia miliki bersama pelompat Rusia Lyudmila Kolchanova.

No comments:

Custom Search